Apa Itu Iklan?
Tentu iklan tidak asing ditelinga
kita sehari-hari, setiap media atau di suatu tempat pasti kita melihat dan
mendengarkan iklan yang sedang di informasikan dan dipromosikan. pengertian
iklan secara umum adalah sebagai berikut:
Iklan adalah kegiatan pemberitahuan,
promosi atau pengenalan produk, pemberian informasi terhadap barang atau jasa
melalui media televisi, radio, majalah, internet, Koran, brosur, dan
sebagiannya, agar barang atau jasa yang di promosikan atau di informasikan tersebut
bisa dikenal oleh khalayak ramai.
berdasarkan
media yang digunakan Jenis-jenis iklan diambil dari pengertiannya antara lain:
Iklan televisi
Iklan televisi
mengandung unsur-unsur suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang di
sampaikan sangatlah menarik perhatian. Video klip iklan yang melibatkan unsur
gambar, suara, dan gerak secara bersama
Iklan radio
Iklan radio ini
hanya bisa didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut brupa voice,
suara dari kata-kata manusia yang teratur. Iklan disampaikan oleh penyiar secara
langsung berupa siaran kata saja. Biasanya durasinya tidak lebih dari 60 detik
dan disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya, sehingga membuthkan naskah
teelebih dahulu.
Iklan media
internet
iklan tersebut
mengacu pada jaringan internet yang mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan
perputaran informasi secara dramatis dan interaktif. Secara keseluruhan iklan
ini berbentuk website dimana seluruh fitur dalam situs tersebut adalah iklan. Perusaahan
juga menjadikan keseluruhan situs perusahaan mereka sebagai iklan.
Iklan cetak
Iklan ini dibuat
dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak teknik ini dapat berupa
letterpress, photolithography, sablon, inkjet, laser. Beberapa bentuk iklan ini
antara lain iklan cetak surat kabar, majalah, baliho, poster dan lain-lain.
Tujuan Iklan
Secara garis besar dapat
dikelompokan menjadi dua yaitu Iklan Komersial dan Iklan non-komersial.
- Iklan Komersial/bisnis
Iklan yang bertujuan mendapatkan
keuntungan ekonomi, utamanya meningkatkan penjualan. Iklan jenis ini dapat
dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:
Iklan Konsumen –
dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana pesan iklan ditujukan
kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk
Iklan Bisnis –
adalah iklan yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan ekonomi
dimana sasaran pesan yang dituju adalah seseorang atau lembaga yang akan
mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir
Iklan Profesional –
adalah iklan yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan bisnis
dimana khalayak sasaran iklan adalah segmen khusus, yaitu para profesional
- Iklan Layanan Masyarakat
Iklan yang digunakan untuk
menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir
bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Keuntungan sosial disini dapat berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap
dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan
citra baik di mata masyarakat.
Pengertian UKM
Usaha
Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis
usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak
termasuk tanah dan
bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri.
Apakah UKM (unti kegiatan menengah) Perlu Iklan atau Tidak?
Menurut
saya UKM sangat perlu, dengan adanya iklan dan promosi, karena dengan
pendapatan yang terbatas, UKM harus mempergunakan biaya dengan seefektif dan
seefesien mungkin, maka dengan mempromosikan dan mengiklankan produk yang
mereka buat melalui media dan jejaring sosial bisa memperkenalkan produk nya
dengan dana yang cukup dan menjadi salah satu pilihan yang baik untuk digunakan
oleh UKM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar