Sabtu, 22 November 2014

PERAN IKLAN DAN PROMOSI TERHADAP UNIT KEGIATAN MENENGAH



Apa Itu Iklan?
            Tentu iklan tidak asing ditelinga kita sehari-hari, setiap media atau di suatu tempat pasti kita melihat dan mendengarkan iklan yang sedang di informasikan dan dipromosikan. pengertian iklan secara umum adalah sebagai berikut:
            Iklan adalah kegiatan pemberitahuan, promosi atau pengenalan produk, pemberian informasi terhadap barang atau jasa melalui media televisi, radio, majalah, internet, Koran, brosur, dan sebagiannya, agar barang atau jasa yang di promosikan atau di informasikan tersebut bisa dikenal oleh khalayak ramai.
berdasarkan media yang digunakan Jenis-jenis iklan diambil dari pengertiannya antara lain:
Iklan televisi
Iklan televisi mengandung unsur-unsur suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang di sampaikan sangatlah menarik perhatian. Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama

Iklan radio
Iklan radio ini hanya bisa didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut brupa voice, suara dari kata-kata manusia yang teratur. Iklan disampaikan oleh penyiar secara langsung berupa siaran kata saja. Biasanya durasinya tidak lebih dari 60 detik dan disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya, sehingga membuthkan naskah teelebih dahulu.

Iklan media internet
iklan tersebut mengacu pada jaringan internet yang mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi secara dramatis dan interaktif. Secara keseluruhan iklan ini berbentuk website dimana seluruh fitur dalam situs tersebut adalah iklan. Perusaahan juga menjadikan keseluruhan situs perusahaan mereka sebagai iklan.

Iklan cetak
Iklan ini dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak teknik ini dapat berupa letterpress, photolithography, sablon, inkjet, laser. Beberapa bentuk iklan ini antara lain iklan cetak surat kabar, majalah, baliho, poster dan lain-lain.  

Tujuan Iklan

Secara garis besar dapat dikelompokan menjadi dua yaitu Iklan Komersial dan Iklan non-komersial.

- Iklan Komersial/bisnis
Iklan yang bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi, utamanya meningkatkan penjualan. Iklan jenis ini dapat dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:
Iklan Konsumen – dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana pesan iklan ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk
Iklan Bisnis – adalah iklan yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan ekonomi dimana sasaran pesan yang dituju adalah seseorang atau lembaga yang akan mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir
Iklan Profesional – adalah iklan yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan bisnis dimana khalayak sasaran iklan adalah segmen khusus, yaitu para profesional

- Iklan Layanan Masyarakat
Iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial disini dapat berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat.

Pengertian UKM
Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri.

Apakah UKM (unti kegiatan menengah) Perlu Iklan atau Tidak?

            Menurut saya UKM sangat perlu, dengan adanya iklan dan promosi, karena dengan pendapatan yang terbatas, UKM harus mempergunakan biaya dengan seefektif dan seefesien mungkin, maka dengan mempromosikan dan mengiklankan produk yang mereka buat melalui media dan jejaring sosial bisa memperkenalkan produk nya dengan dana yang cukup dan menjadi salah satu pilihan yang baik untuk digunakan oleh UKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar