Minggu, 26 Oktober 2014

PERANAN KOPERASI DIBERBAGAI KONDISI PASAR



Peranan Koperasi Di Berbagai  Kondisi Pasar

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , 
    yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

Penjelasan 

1.Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Pasar Persaingan Sempurna dapat diartikan yaitu sebagai struktur industri atau pasar dimana terdapat banyaknya jumlah penjual dan pembeli dari setiap penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
 -Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
a.Perusahaan adalah pengambil harga
Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar karena harga sudah ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli.

b.Produk yang dihasilkan sejenis (homogen)
Artinya tidak perbedaan antara barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya, akibatnya maka tidak ada gunanya jika produsen melakukan persaingan dalam bentuk bukan harga karena konsumen mengetahui bahwa barang yang dihaslkan oleh produsen tidak ada bedanya.

c.Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
Artinya jika perusahaan mengalami kerugian dan ingin keluar dari pasar dapat dengan mudah dilakukan, sebaliknya jika ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di pasar ini ia pun dapat dengan mudah memasuki pasar ini.

d.Pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Artinya pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan atas harga, hal ini dapat berakibat pada produsen yang tidak dapat menjual barangnya dengan harga lebih tinggi dari yang berlaku di pasar.

e.Terdapat banyak perusahaan di pasar
Sifat ini memiliki 2 aspek, yaitu jumlah perusahaan sangat banyak dan masing-masing perusahaan adalah relative kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan jumlah perusahaan di dalam pasar.akibatnya produksi perusahaan sangat sedikit jika dibandingkan dengan produksi dalam industri. Sifat ini mengakibatkan apapun yang dilakukan perusahaan, seperti menaikan harga atau menurunkan harga produksi tidak akan mempengaruhi harga yang berlaku di pasar.

2.Peranan koperasi dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna (imperfect competitive market)
            Munculnya pasar persaingan tidak sempurna dikarenakan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran antara jumlah penjual dan jumlah pembeli yang terdapat di pasar. Karena muncul ketimpangan yaitu adanya pihak yang diuntungkan dalam perdagangan, namun ada juga pihak yang dirugikan oleh keadaan pasar tersebut. Contoh pasar persaingan pasar tidak sempurna yaitu:
A. Koperasi dalam Pasar Monopoli
   Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan. Perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang penggantinya secara dekat.
-Ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut
a.Tidak ada barang substitusi atau pengganti
b.Laba yang diperoleh sifatnya maksimum
c.Monopoli iut pada dasarnya dibentuk Undang-Undang pada pemerintah
d.Jumlah pembeli di pasar banyak
e.Jumlah penjual satu
f.Harga yang menentukan penjual
g.Tidak terdapat kemungkinan di pasar industri
Contoh dari pasar monopoli: Televisi menayangkan iklan produk sampo, sabun dan pasta gigi. Produk tersebut diproduksi oleh perusahaan yang sama.

B. Koperasi dalam Pasar Monopolistik
     Pasar Monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan dan menjual produk yang berbeda corak atau bentuknya (differentiated product).
-Ciri-ciri dalam pasar monopolistik yaitu:
a.Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
b.Produk yang dihasilkan tidak homogen atau sejenis
c.Ada produk pengganti atau substitusi
d.Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
e.Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
f.Persaingan mempunyai kebutuhan yang relatif, contoh promosi dan iklan

C. Koperasi dalam Pasar Oligopoli
    Pasar Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa produsen atau penjual yang menguasai pasar dalam satu wilayah (area).
-Ciri-ciri dari pasar oligopoli yaitu
a.Produk yang dijual homogen atau heterogen
b.Jumlah penjual di pasar banyak
c.Jumlah pembeli di pasar banyak
Ada antara 3 sampai 5 produsen menguasai pasar sehingga naik turunya harga yang  mengendalikan adalah produsen tersebut, sedangkan produsen yang lain sebagai pengikut.
Contoh: Indosat, Pro XL, dan Telkomsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar